Tip Seputar Haji

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ada baiknya bila akan berangkat haji dipersiapkan jauh-jauh hari  dengan sebaik-baiknya, untuk itu coba searching tip-tip yang banyak beredar, sehingga dapat diambil pelajaran dan semuanya saling melengkapi. Diantaranya saya coba sampaikan dibawah ini :

Ilmu

Belajar manasik haji lebih awal, dan konsentrasi kepada bacaan doa-doa, karena jika doa-doa belum hapal maka waktu pelaksanaan akan menjadi hambatan.

Aplikasi untuk HP Android

Aplikasi Haji Pintar

Haji Pintar

Manasik Haji

Tuntunan Haji

Komunikasi

Setting HP + Kartu Saudi

Agar tidak menghabiskan pulsa ( efeisiensi biaya )

Manfaatkan WIFI yang ada dihotel ( aktifkan WIFI dan         matikan Celullar Data)

 Ganti kartu dengan operator lokal Saudi, jika HP           mendukung dual sim card- bisa satu lokal Indonesia dan yang satu lokal Saudi, Kartu Saudi ( aktifkan paket internet) digunakan untuk melakukan panggilan Telephone baik lokal maupun ke Indonesia baik lansung maupun dengan aplkasi seperti Watsapp, Line, Skype, Hangouts dsb, karena paket intenet lebih murah dari pada menggunakan pulsa. Sedangkan kartu utama untuk merima ( untuk memudahkan dan efisiensi terutama jika ada paket gratis jika menerima tlp).

 Jangan lupa setting Auto-download system update dibuat off contoh :

System update

Beli Paket Internet

Beli paket sesuai kebutuhan,  ada yang 10 hari, 20 hari dan 40 hari dimana keuntungannya kita tidak perlu repot dengan urusan no Tlp (tidak perlu beli kartu baru, tidak ada seting yang harus dirubah, tidak perlu ngisi pulsa selama ibadah haji) . Tapi biaya jauh lebih besar dari pada – Setting HP + Kartu Saudi

Komunikasi suami istri

Diusahakan dua-duanya memakai ponsel, jika tersesat atau selisih jalan dapat saling komunikasi. Untuk mendapatkan visualisasi lokasi gunakan video call seperti aplikasi IMO dan lainnya.

Makan dan Minum

Meskipun ragam makanan cukup banyak yang siap dimakan atau bahan, tetapi untuk menghindari kebosanan ada baiknya bawa Makanan jadi sesuai selera, termasuk sambal, kecap atau bumbu untuk masak sendiri.

Mie instan, kopi instan atau minuman instan lainnya juga bisa dibawa

Uang

Siapkan tambahan uang real jauh-jauh hari, jangan beli saat mendekati keberangkatan harganya menjadi mahal, disana ada juga money changer, tetapi harga  relatif tinggi, jadi sebaiknya disiapkan dari tanah air dan beli pada saat kurs masih murah.

Jika mau menukarkan menjadi pecahan kecil, pakai saja belanja di supermarket, atau toko, karena jika ditukarkan di hotel akan kena biaya.

Jika kita bawa rupiah sebaiknya ditukar di money changer dari pada di hotel, karena biasanya di hotel lebih mahal.

Untuk sedekah setiaph hari selalu siapkan uang pecahan 1 real atau lebih yang dapat diberikan kepada tukang sampah, petugas kebersihan baik didalam maupun diluar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Lokasi

Perhatikan dan ingat nama dan lokasi hotel yang ditinggali serta ingat tanda-tanda sekelilingnya agar kalau tersesat dapat kembali lagi dalam keadaan selamat.

Sementara itu yang dapat disampaikan, mudah-mudahan kedepan akan saya update dan mudah-mushan bermanfaat.

Wassalam

 

%d bloggers like this: